Bentuk Rumah Minimalis Modern dengan Pagar Kayu

Monday, August 18th 2014. | Pagar Rumah Minimalis




Popularitas konsep hunian minimalis belakangan ini memang tidak bisa dipungkiri. Bahkan, pemilik lahan yang luas sekalipun banyak yang memilih bentuk rumah minimalis dibanding rumah mewah bergaya Victoria atau rumah mewah modern yang penuh ornament indah dan mahal. Salah satu trend yang berkembang dalam pengembangan konsep hunian minimalis adalah penggunaan bahan-bahan alam, seperti batu alam, bata ekspose, dan kayu, termasuk untuk pagar.

Bentuk rumah minimalis dengan pagar kayu dan fondasi beton

Bentuk rumah minimalis dengan pagar kayu dan fondasi beton

Bentuk rumah minimalis modern memang mengutamakan kesederhanaan desain, baik di area interior maupun area eksterior. Saat ini, rumah-rumah modern di wilayah perkotaan memang nyaris kehilangan keindahan dan kenyamanan alam terbuka. Tidak heran jika banyak pemilik rumah berusaha ‘membawa masuk’ elemen-elemen alam ke lingkungan pemukiman mereka. Salah satu caranya adalah penggunaan pagar berbahan kayu yang dirancang dengan desain minimalis.

Desain pagar kayu minimalis dengan rangka kayu dan belahan papan utuh

Desain pagar kayu minimalis dengan rangka kayu dan belahan papan utuh

Bentuk rumah minimalis modern dengan pagar kayu

Pagar bukan hanya sekedar elemen pelengkap sebuah hunian. Pagar memiliki beberapa fungsi, baik secara fungsional maupun estetis. Pagar berfungsi sebagai pengaman atau pelindung asset atau orang-orang yang tinggal di dalamnya. Pagar meminimalisir terjadinya serangan terhadap pemilik rumah maupun tanaman yang ada di dalamnya. Selain itu, pagar menambahkan estetika sebuah hunian. Oleh sebab itu, desain pagar juga selayaknya mengikuti desain rumah itu sendiri. Tentunya akan terasa janggal jika bentuk rumah minimalis modern justru disandingkan dengan pagar bergaya mewah dengan ukuran yang besar dan ornamental.

Pagar kayu yang tidak menyentuh tanah relatif lebih tahan lama

Pagar kayu yang tidak menyentuh tanah relatif lebih tahan lama

Nah, lalu mengapa memilih pagar kayu? Di antara berbagai jenis bahan yang digunakan untuk pagar, popularitas kayu tetap tidak surut. Kayu adalah unsur alam yang sangat ramah lingkungan. Selain itu, elemen kayu akan ‘memecah’ kekakuan akibat penggunaan bahan-bahan artifisial seperti baja atau besi yang mendominasi bentuk rumah minimalis modern. Dengan kata lain, elemen kayu mengubah tampilan rumah menjadi bentuk rumah minimalis sederhana, dengan tidak terlalu menonjolkan elemen modern dan kontemporer.

Pagar patio bisa dibangun lebih tinggi untuk pengamanan maksimum

Pagar patio bisa dibangun lebih tinggi untuk pengamanan maksimum

Pilihan pagar kayu untuk bentuk rumah minimalis sederhana

Ada begitu banyak pilihan desain pagar yang bisa anda terapkan untuk menonjolkan bentuk rumah minimalis sederhana idaman anda. Meski kayu tidak selentur besi saat dibentuk, pilihan desain yang tersedia nyaris tidak terbatas. Saat mencari referensi, anda akan menemukan bahwa sebagian besar bentuk rumah minimalis terbaru dirancang dengan mengaplikasikan setidaknya salah satu elemen alam, seperti pagar kayu dengan fondasi batu alam.

Salah satu pilihan desain yang bisa anda gunakan adalah pagar kayu model persegi panjang yang disusun secara vertikal. Kerangka pagar kayu bisa saja terbuat dari baja untuk memastikan kekokohannya saat diterpa angin atau dilanda oleh hewan. Namun, anda juga bisa memilih model horizontal atau campuran model vertikal dan horizontal, namun tetap tidak menghilangkan kesan minimalisnya.

Desain pagar kayu minimalis model horizontal dengan rangka beton

Desain pagar kayu minimalis model horizontal dengan rangka beton

Gambar bentuk rumah minimalis terbaru dengan pagar kayu

Sebagai inspirasi bagi anda, ada begitu banyak gambar rumah minimalis terbaru yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Beberapa aspek yang perlu anda pertimbangkan saat mempelajari bentuk rumah minimalis terbaru dengan pagar kayu adalah ketinggian pagar dan tampilan rumah yang dihasilkan. Memang, demi alasan keamanan, sebaiknya jangan membangun pagar terlalu rendah. Tinggi pagar umumnya adalah sekitar 1.5 meter. Jika dibangun terlalu rendah, maka resiko keamanannya lebih tinggi. Namun, jika dibangun terlalu tinggi, maka keindahan rumah anda akan tertutupi.

Posisi horizontal dan vertikal membentuk desain pagar kayu unik

Posisi horizontal dan vertikal membentuk desain pagar kayu unik

Hal berikutnya yang mesti diperhatikan adalah pilihan warna pagar. Memang, banyak pemilih rumah lebih menyukai warna alam kayu karena kesannya lebih natural dan menyatu dengan alam. Namun, anda juga bisa mendapatkan kayu yang telah diberi pelitur dan cat sehingga bisa disesuaikan dengan warna cat dinding rumah anda.

Warna pagar kayu minimalis sesuai dengan warna cat rumah

Warna pagar kayu minimalis sesuai dengan warna cat rumah

Perawatan pagar kayu pada rumah minimalis

Untuk mempertahankan keindahan bentuk rumah minimalis sederhana anda, maka pagar kayu memerlukan perhatian khusus. Untuk penggunaan eksterior, kayu memang tidak sekuat besi atau tembok. Paparan terhadap hujan dan panas dapat membuatnya lembab, kotor, atau ditumbuhi jamur, sehingga akan cepat rusak. Oleh sebab itu, anda harus mengalokasikan waktu untuk melakukan perawatan secara teratur. Misalnya adalah dengan mengaplikasikan cat khusus untuk kayu.

Model kombinasi vertikal dan horizontal untuk pagar patio

Model kombinasi vertikal dan horizontal untuk pagar patio

Selain itu, usahakan tidak menanam kayu langsung ke tanah. Itulah sebabnya, pagar kayu sebaiknya tetap ditopang oleh fondasi beton atau batu alam. Kontak antara kayu dengan tanah akan mempercepat proses pengeroposan dan pembusukan. Jika diperlukan, mintalah saran dari arsitek untuk mendapatkan desain pagar yang sesuai untuk bentuk rumah minimalis anda.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , , ,