Cara Desain Taman Dalam Rumah Minimalis

Tuesday, February 25th 2014. | Taman Rumah Minimalis




Mendesain taman memang bukanlah perkara yang mudah sehingga perlu pemikiran panjang sebelum anda menentukan pembuatan taman. Pada umumnya, taman berada pada area depan maupun belakang rumah. Namun, baru-baru ini banyak orang yang menerapkan desain taman dalam rumah minimalis untuk menambahkan estetika rumah lebih menarik.

Selain dapat menambah estetika, keberadaan taman dalam rumah juga akan membuat hawa dalam rumah menjadi lebih sejuk terlebih pada siang hari. Mengapa demikian? Sebenarnya jawabnya cukup sederhana bahkan anak sekolah dasar pun mengetahuinya, jika pada siang hari tanaman ini mengeluarkan oksigen dan membutuhkan karbondioksida.

Sebaliknya dengan manusia, mereka cenderung membutuhkan oksigen dan justru membuang CO2 atau karbondioksida. Maka dari itu terjadilah simbiosis mutualisme yang baik antara manusia dan tumbuhan.

Taman Minimalis Dalam Rumah

gambar taman dalam rumah minimalis (5)

Sebelum membuat taman dalam rumah, sebaiknya tentukan tema dan konsep terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah menentukan pilihan pohon maupun hiasan tanaman sebab ini sangat penting dalam desain taman dalam rumah minimalis. Anda bisa memilih ukuran pohon yang nantinya tidak bisa tumbuh besar seperti jenis tanaman Kamboja jepang, Phorbia dan juga kaktus.

Selain tidak bisa tumbuh besar, jenis tanaman tersebut juga tidak terlalu membutuhkan air, sehingga anda tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk menyiramnya pagi dan sore. Disamping menghemat waktu, penyiraman yang tidak dilakukan setiap hari tentunya juga akan membuat taman dalam rumah terlihat becek dan kotor.

Aplikasikan rumput manila atau jenis rumput lainnya dan bentuk hingga berpola sesuai keinginan anda. Sisa pola rumput bisa anda gunakan untuk membuat jalan setapak dari bebatuan alam atau batu sungai agar rerumputan tidak akan terinjak ketika anda ingin menyiram tanaman.

Disamping itu, anda bisa meletakkan beberapa pot bunga yang berukuran kecil diatas bebatuan. Atau anda bisa menggantung pot bunga dengan pemilihan jenis tanaman yang dapat menjulur ke bawah sehingga terlihat lebih menarik. Jika memungkinkan, pada desain taman dalam rumah minimalis bisa dibuat kolam ikan kecil yang di atasnya ditutup dengan fiber glass yang akan menjadikan taman minimalis dalam rumah anda semakin menarik.

Content Protection by DMCA.com




tags: