Cat Rumah Minimalis dan Kesan Interior Rumah Yang Dihasilkan

Friday, August 22nd 2014. | Interior Rumah Minimalis




Memilih warna cat interior maupun eksterior di rumah minimalis tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, cat memberikan efek yang berbeda-beda. Jika salah memilih, ruangan di rumah minimalis yang ukurannya memang terbatas akan terkesan sumpek, sempit, dan berantakan. Warna bukan hanya mempengaruhi kesan dalam suatu ruangan, namun juga dapat mempengaruhi suasana hati (mood) atau pemikiran. Oleh sebab itu, pemilihan cat rumah minimalis sebaiknya dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Kombinasi warna terang dan warna kuat menghidupkan susana interior rumah minimalis

Kombinasi warna terang dan warna kuat menghidupkan susana interior rumah minimalis

Saat anda berkeliling di sebuah perumahan modern, anda mungkin akan menemukan warna cat rumah minimalis modern yang sangat bervariasi. Sebagian pemilik mengandalkan warna-warna netral di fasad rumah, adalagi yang cukup ‘berani’ mengkombinasikan warna-warna cerah dan lembut (yang tidak akan anda gunakan untuk warna pakaian anda).

Prinsip pemilihan warna cat rumah minimalis modern

Sebenarnya, menurut sejumlah ahli di bidang desain interior dan desain eksterior, anda tidak harus mencemaskan masalah trend saat memilih warna cat rumah minimalis. Trend warna datang dan pergi dengan cepat. Warna yang sedang trend tahun ini, mungkin saja akan ditinggalkan tahun depan, dan seterusnya. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah warna cat rumah minimalis modern yang sesuai dengan karakter dan kepribadian anda sebagai pemilik rumah. Tampilan rumah anda menunjukkan karakter pemiliknya. Jadi, jangan ragu untuk mengaplikasikan selera personal anda.

Warna orange tampak ceria dan bersemangat, dan menghadirkan kebersamaan

Warna orange tampak ceria dan bersemangat, dan menghadirkan kebersamaan

Namun, bukan berarti anda dianjurkan untuk ‘menabrakkan’ warna begitu saja sehingga tampilan rumah anda terlalu ramai dan bahkan norak. Bukan berarti pula anda bisa mengaplikasikan seluruh warna kesukaan anda pada cat interior rumah minimalis maupun eksteriornya. Oleh sebab itu, sebagai pemula, anda tetap dianjurkan untuk mengetahui trik sederhana memilih warna cat rumah minimalis, yakni warna yang dapat mempengaruhi tampilan bentuk dan ukuran ruangan.

Psikologi warna cat interior rumah minimalis

Para ahli psikologi menyebutkan bahwa warna memiliki nilai psikologis yang berbeda. Artinya, rasa nyaman, gerah, atau tidak betah yang tercipta di dalam rumah bisa saja dipengaruhi oleh pemilihan warna cat. Warna memiliki tiga sifat utama, yakni aktif, pasif, dan netral. Nah, berikut adalah beberapa informasi dasar yang bersumber dari Freshome tentang pemilihan warna cat rumah minimalis di area interior maupun eksterior.

Warna terang membawa kesan lapang di kamar tidur minimalis

Warna terang membawa kesan lapang di kamar tidur minimalis

Di area interior, sesungguhnya ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan saat memilih warna cat. Pertama, rumah minimalis umumnya memiliki ruangan-ruangan dengan luasan terbatas. Jadi, pilihlah warna yang memberikan efek terang dan lapang. Warna-warna cerah dapat memainkan peran ini. Sementara itu, warna gelap menghadirkan kesan hangat, dan cocok untuk memberikan ‘kehidupan’ di ruangan yang luas (namun tentunya, ruangan yang luas jarang ditemukan di rumah minimalis).

Pilihan warna cat rumah minimalis

Warna netral cocok dikombinasikan dengan warna lain yang lebih tua atau muda di seluruh ruangan

Warna netral cocok dikombinasikan dengan warna lain yang lebih tua atau muda di seluruh ruangan

Berikut adalah beberapa pilihan warna yang cocok untuk cat interior rumah minimalis:

  • Warna-warna netral, seperti hitam, abu-abu, coklat muda, krem, dan putih. Warna-warna ini sangat fleksibel. Warna-warna ini dapat diterapkan hampir di semua bagian rumah. Namun, tidak dianjurkan untuk menggunakan satu warna saja secara monoton. Jika cat rumah minimalis anda didominasi warna lembut seperti putih, abu-abu, atau krem, maka gunakanlah warna lain yang kuat untuk menghidupkan suasana. Warna-warna ini juga cocok untuk menetralisir atau melembutkan tampilan rumah yang dicat dengan warna-warna kuat.
Warna ungu muda membawa kesan rileks di ruang makan

Warna ungu muda membawa kesan rileks di ruang makan

  • Ungu. Warna ungu muda, seperti warna lila atau lavender, menghadirkan suasana nyaman dan rileks Sehingga, warna ini cocok digunakan untuk kamar tidur dan ruang makan. Untuk menghidupkan suasana di kamar tidur, tidak ada salahnya anda beri sentuhan warna ungu tua di beberapa bagian, seperti tiang atau frame  jendela, kaca, dan sebagainya.
  • Sama seperti ungu, biru membawa kesan rileks dan menurunkan tekanan darah. Jadi, warna ini cocok untuk kamar tidur dan kamar mandi. Pilihlah warna biru muda dan kombinasikan dengan yang lebih tua. Namun, hindari penggunaan warna biru tua sebagai warna utama, karena akan menghadirkan suasana sedih.
Kombinasi biru muda dan tua menghadirkan suasana nyaman dan tenang

Kombinasi biru muda dan tua menghadirkan suasana nyaman dan tenang

  • Hijau sangat menenangkan mata, sehingga warna ini cocok di hampir seluruh ruangan di rumah minimalis.
  • Orange membawa kesan enerjik dan ceria. Meski tidak dianjurkan untuk ruang keluarga, ruang tamu atau kamar tidur, orange cocok untuk ruang olah raga atau ruang belajar.

Sebenarnya, masih ada beberapa warna cat interior rumah minimalis lain yang bisa anda aplikasikan, seperti warna kuning atau merah. Namun, anda harus hati-hati mengaplikasikan kedua warna ini, karena keduanya mungkin hanya cocok di beberapa area tertentu saja di dalam rumah.

Pantulan sinar matahari alami menjadikan warna biru torquise lebih terang di kamar mandi minimalis

Pantulan sinar matahari alami menjadikan warna biru torquise lebih terang di kamar mandi minimalis

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , ,