Desain Rumah Hook Minimalis Tipe 45 1 Lantai dan 2 Lantai

Wednesday, June 25th 2014. | Rumah Minimalis




Rumah di lahan atau kavling hook selalu menjadi idola, karena berbagai alasan. Meskipun biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah di posisi hook cenderung lebih mahal, pemilik memiliki lebih banyak pilihan desain. Desain rumah hook lebih fleksibel dan variatif, meski tetap mengusung konsep minimalis. Apakah anda memiliki lahan di tanah hook? Ide desain rumah hook minimalis berikut mungkin bermanfaat bagi anda. Namun sebelumnya, berikut akan dijelaskan beberapa keuntungan memiliki lahan di posisi hook.

Rumah hook minimalist 2 lantai

Rumah hook minimalist 2 lantai

Selain fleksibilitas desain, rumah hook memiliki keunggulan sendiri, yakni sirkulasi cahaya yang lebih optimum. Dengan dua fasad di dua sisi yang berbeda, anda bisa membangun dua pintu sebagai akses keluar-masuk. Demikian juga dengan bukaan seperti jendela, bisa ditempatkan di area yang sirkulasi cahayanya lebih optimum, termasuk untuk desain rumah minimalis 2 lantai hook. Anda juga bisa membangun taman dengan dua konep yang berbeda, namun tetap mengalir dan tidak terlalu kontras. Jadi, anda dan keluarga bisa menikmati view sekitar secara bebas, dan hunian anda tetap sehat.

Ide desain rumah minimalis 2 lantai hook

Rumah 2 lantai di posisi hook dengan kombinasi warna yang kreatif

Rumah 2 lantai di posisi hook dengan kombinasi warna yang kreatif

Rumah tinggal 2 lantai ini berada di posisi lahan hoook. Oleh sebab itu, rumah dibangun dengan dua pintu masuk, dan salah satunya sekaligus berfungsi sebagai garasi alias carport. Desain rumah minimalis 2 lantai hook ini terlihat unik dengan permainan warna yang cerdas. Lantai 1 dan lantai 2 diberi aplikasi cat dinding yang berbeda, di mana cat lantai satu didominasi warna cerah, sedangkan lantai dua diberi variasi warna biru toska. Agar terlihat lebih ‘hidup’, kolom struktur, tiang, atau bingkai diberi warna yang kontras seperti oranye.

Posisi lahan seperti ini sedikit beresiko bagi keluarga muda yang memiliki anak. Namun, hal ini biasa disiasati dengan membangun balkon kecil di kedua sisi, di mana keluarga dapat menikmati pemandangan outdoor pada sore hari.

Rumah tipe 45 di lahan hook dengan desain minimalis

Rumah type 45 di lahan hook dengan desain minimalis

Ide berikutnya adalah desain rumah minimalis type 45 hook 2 lantai. Contoh desain ini menekankan konsep minimalis yang cukup konservatif. Pemilik memilih warna cerah dengan kombinasi warna yang seragam. Dengan demikian, batas antara lantai 1 dan lantai 2 tidak begitu kentara, dan terlihat seperti satu kesatuan yang utuh. Rumah ini juga memiliki dua akses di dua fasad yang berbeda, disertai teras berdesain minimalis masing-masingnya. Hanya saja, akses utama berada di samping, sedangkan akses kedua berfungsi sebagai jalan masuk di carport.

Desain Rumah Minimalis Type 45 Hook

Rumah tipe 45 di posisi hook, ditandai penekanan warna di salah satu sudut rumah

Rumah di posisi hook, ditandai penekanan warna di salah satu sudut rumah

Rumah minimalis tipe 45 ini berada di posisi hook. Untuk menekankan fleksibilitas desainnya, pemilik menggunakan dua pintu di dua sisi. Desain rumah minimalis type 45 hook yang apik ini didominasi warna lembut, dengan kombinasi warna cerah dan gelap. Namun, pemilik sepertinya ingin menonjolkan ‘hook’ tersebut, dengan memberi aplikasi warna hijau yang kontras di bagian sudut rumah, persis sejajar dengan hook jalan di depan dan di samping rumah.

Dua pintu masuk di rumah hook biasanya memiliki dua fungsi yang agak berbeda. Misalnya, jika pemilik memiliki home office, maka salah satu pintu bisa dikhususkan untuk itu, sehingga privasi dan konsentrasi penghuni saat istirahat tetap terjaga.

Rumah hook minimalis dengan 2 pintu masuk di fasad depan

Rumah hook minimalis dengan 2 pintu masuk di fasad depan

Desain rumah hook minimalis ini mengusung konsep yang sedikit berbeda. Karena plot lahan yang memanjang, ruang yang tersedia di bagian samping lahan sangatter batas, sehingga tidak memungkinkan untuk membangun akses masuk dari samping. Namun, rumah ini tetap memiliki dua akses masuk, namun hanya di fasad depan. Meski demikian, intensitas cahaya dan udara tetap dioptimalkan dengan menempatkan jendela di sisi rumah yang menghadap ke jalan di bagian samping, demikian juga di fasad depan.

Denah dan desain rumah hook minimalis

Denah rumah hook dengan dua pintu di dua fasad yang berbeda

Denah rumah hook dengan dua pintu di dua fasad yang berbeda

Ini adalah salah satu contoh denah rumah minimalis di lahan hook. Rumah yang terdiri dari dua akses keluar-masuk ini terdiri dari 3 kamar tidur. Pintu keluar kedua digunakan sebagai akses keluar-masuk langsung ke dapur. Dengan demikian, aktivitas di bagian belakang rumah dan akses jalan menuju halaman belakang tidak harus melalui pintu depan.

Rumah di posisi hook dengan lahan yang luas

Rumah di posisi hook dengan lahan yang luas

Rumah minimalis di lahan hook memang membutuhkan treatment yang berbeda. Oleh sebab itu, perencanaannya juga harus dibuat sematang mungkin, sehingga desainnya tetap mengalir dan konsep minimalis tetap bisa dipertahankan.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , , ,