Desain Rumah Minimalis Tipe 36 dengan Garasi Sederhana

Friday, September 19th 2014. | Rumah Minimalis




Rumah tipe 36 merupakan pilihan favorit hunian modern para pasangan muda dan penghuni daerah urban yang memiliki anggaran terbatas untuk membeli rumah, atau hanya memerlukan hunian berukuran kecil. Rumah minimalis tipe 36 kerap menjadi pilihan pasangan dan keluarga kecil, karena lebih praktis, mudah dikelola dan diurus, dan mendukung kehidupan urban yang sibuk. Karena mayoritas penduduk perkotaan memerlukan kendaraan pribadi, model rumah minimalis tipe 36 biasanya menyertakan garasi.

Rumah minimalis tipe 36 dengan garasi atau carport minimalis

Rumah minimalis tipe 36 dengan garasi atau carport minimalis

Garasi pada Model Rumah Minimalis Tipe 36

Ketika Anda membuat rencana pembangunan rumah tipe 36 minimalis atau merencanakan membeli rumah, sebaiknya pastikan bahwa rumah dan garasi memiliki rencana yang baik. Pastikan rumah menghadap ke arah di mana Anda bisa mendapat cahaya alami selama mungkin, dan dengan ukuran garasi yang pas untuk ukuran mobil keluarga standar. Garasi juga harus menyisakan ruang sehingga pemilik mobil bisa keluar masuk dengan mudah saat posisi mobil sudah masuk ke dalam garasi tersebut, dan masih ada ruang untuk bermanuver di sekitar mobil terutama di posisi antara mobil, pagar dan tembok.

Carport diletakkan di area yang menghadap ke akses cahay

Carport diletakkan di area yang menghadap ke akses cahay

Model rumah minimalis tipe 36 rata-rata diperuntukkan untuk paling banyak 4 penghuni, dengan dua kamar tidur, satu kamar tamu, ruang tengah, dapur yang menjadi satu dengan ruang makan, dan satu kamar mandi komunal. Rencana rumah dengan garasi biasanya membentuk desain huruf L, dengan lekukan sebagai ruang untuk mobil yang menghadap langsung ke akses pintu samping. Desain ini biasanya hanya menyisakan sedikit sekali ruang, dan perencanaan rumah harus memperhitungkan kebutuhan pemiliknya.

Garasi pada rumah tipe 36 diletakkan di area pintu atau jendela samping

Garasi pada rumah tipe 36 diletakkan di area pintu atau jendela samping

Pembagian ruang pada gambar rumah minimalis tipe 36

Misalnya, jika melihat banyak foto rumah minimalis tipe 36, Anda akan lihat bahwa pekarangan rumah sangat terbatas, biasanya langsung berbatasan dengan teras. Begitu melangkah dari teras, tamu akan langsung masuk ke ruang tamu dan ruang keluarga, tergantung perencanaan ruang (biasanya tidak ada dinding penyekat karena memakan banyak ruang; penyekat biasanya memanfaatkan lemari pajangan atau akuarium). Sementara itu, pekarangan belakang biasanya memiliki fungsi ganda sebagai tempat menjemur pakaian dan penyimpanan barang. Biasanya, agak sulit merencanakan gudang karena keterbatasan tempat, namun jika rumah tersebut diperuntukkan untuk pasangan atau rumah pribadi, ada lebih banyak tempat untuk dijadikan ruang ekstra.

Rumah minimalis tipe 36 dengan garasi di akses utama

Rumah minimalis tipe 36 dengan garasi di akses utama

Idealnya, untuk garasi, sebaiknya tidak berbatasan dengan ruang tidur demi alasan keamanan. Garasi bisa dibangun bersebelahan dengan ruang makan atau dapur, dan dihubungkan ke dalam rumah lewat pintu samping. Ruang untuk garasi sebaiknya diberi naungan atau atap, misalnya dengan awning dan tiang penyangga untuk melindungi mobil dari hujan dan debu. Garasi dan pagar/tembok juga harus memberi ruang cukup banyak bagi mobil untuk bermanuver keluar masuk terutama di daerah hunian yang jalannya sempit.

Pintu samping Rumah Tipe 36 Minimalis menjadi akses kedua dari garasi

Pintu samping Rumah Tipe 36 Minimalis menjadi akses kedua dari garasi

Taman pada Rumah Tipe 36 Minimalis

Dalam membuat gambar rumah minimalis tipe 36 untuk rencana pembangunan, biasanya tidak banyak ruang untuk membuat taman. Akan tetapi, ada banyak cara untuk menambah taman di rumah tipe 36 dengan garasi, misalnya dengan membuat taman mini menggunakan planters di sisi-sisi pagar, membuat taman di depan rumah dengan lempengan batu atau jalur semen untuk berjalan dari gerbang ke teras, atau membuat taman di dalam rumah dengan memanfaatkan ruang kosong.

Jika memilihan lahan, sisakan taman untuk penghubung antara garasi dengan pintu belakang

Jika memilihan lahan, sisakan taman untuk penghubung antara garasi dengan pintu belakang

Selain taman, rumah tipe 36 minimalis juga bisa dihijaukan dengan menggunakan pot-pot gantung, atau rak khusus untuk pot bunga, menyisakan lebih banyak ruang untuk memperluas area seperti kamar tidur dan ruang tamu. Beberapa pemilik rumah juga dengan cerdik memanfaatkan ruang vertikal, yaitu dengan menggunakan tembok sebagai tempat menaruh tanaman menggunakan rak dinding dan tanaman rambat.

Perencanaan yang matang dengan foto rumah minimalis tipe 36

Rumah minimalis type 36 bernuansa asri dengan garasi minimalis

Rumah minimalis type 36 bernuansa asri dengan garasi minimalis

Rumah minimalis tipe 36 dengan garasi memiliki cukup banyak kemungkinan untuk dimodifikasi, asalkan perencanaannya tepat dan berdasarkan kebutuhan personal tiap penghuni. Dengan desain dan perencanaan yang tepat, rumah mungil minimalis pun bisa nampak apik dan memberi ruang cukup luas bagi penghuninya. Rumah minimalis tipe 36 dengan garasi juga memberi hunian nyaman dan apik bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas untuk membeli rumah. Rumah mungil bergarasi adalah hunian terbaik yang bisa Anda peroleh di daerah perkotaan yang padat dengan lahan sempit.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , , , , , ,