Desain Rumah Minimalis Type 60 – Hunian Modern dan Fleksibel

Friday, July 11th 2014. | Rumah Minimalis




Dengan lahan seluas 9 x 12 meter persegi, anda sudah bisa mendapatkan hunian yang nyaman dan bahkan terkesan mewah. Meski disebut rumah minimalis, hunian type 60 sebenarnya sudah masuk kategori rumah mewah. Desain rumah minimalis type 60 termasuk salah satu hunian favorit bagi penduduk urban, khususnya mereka yang memiliki budget sedikit lebih besar untuk tempat tinggal yang nyaman dan fleksibel.

Desain rumah minimalis type 60

Desain rumah minimalis type 60

Desain rumah type 60 disebut fleksibel karena ukurannya bisa bervariasi, sesuai ukuran lahan yang tersedia. Denah rumah minimalis modern tipe ini bisa berbentuk horizontal atau vertical. Misalnya, anda bisa membangun rumah ukuran 6 x 10 atau 5 x 12, atau 8 x 7,5 m. Rumah tipe ini disukai oleh keluarga muda, karena mereka lebih bebas mengaplikasikan sentuhan personal pada tampilan eksterior maupun interiornya.

Ide Denah rumah minimalis modern Type 60

Ada begitu banyak ide yang bisa anda aplikasikan untuk menghasilkan tampilan rumah yang lebih elegan dan nyaman, sekalipun masih mengusung konsep minimalis. Umumnya, dari arah depan, denah rumah minimalis modern terlihat dengan lajur ruangan, dan 3 kamar tidur. Dua kamar tidur berada di sisi kiri dan kanan bagian depan, dan satu lagi di bagian belakang, berhadapan dengan dapur. Dengan pembagian seperti ini, kamar tidur benar-benar dapat difungsikan sebagai area privat bagi penghuninya.

Denah rumah minimalis modern type 60 dengan 3 kamar tidur

Denah rumah minimalis modern type 60 dengan 3 kamar tidur

Namun, ada juga pemilik rumah yang berkreasi dengan menempatkan 2 kamar tidur di area belakang, dan satu lagi di area depan. Seperti pada denah rumah minimalis type 60 bawah ini, salah satu tepi lahan dimanfaatkan secara penuh untuk menyisakan taman yang lebih luas, mulai dari depan, samping, hingga halaman belakang. Dengan demikian, pemilik bisa mendapatkan hunian yang asri, sejuk, dan menyehatkan.

Denah rumah minimalis type 60 dengan taman yang luas

Denah rumah minimalis type 60 dengan taman yang luas

Selain memaksimalkan fungsi masing-masing ruangan, anda juga bisa menambahkan sentuhan personal untuk tampilan eksterior rumah, mulai dari fasad, teras, hingga atap. Meski tidak memiliki banyak ornament, tampilan rumah bisa dibuat semanis mungklin dengan manipulasi warna cat dan elemen pendukung lainnya. Eksterior rumah modern type 60 sangat variatif, namun umumnya dibangun dengan plafon yang tinggi agar ruangan dengan luasan yang terbatas tidak terkesan sempit.

Rumah minimalis type 60 dengan sayap tengah yang lebih tinggi

Rumah minimalis type 60 dengan sayap tengah yang lebih tinggi

Selain itu, sayap tengah dibangun dengan plafon lebih tinggi untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya. Bahkan, bagian loteng juga dapat diberi lubang angin untuk meminimalkan penyimpanan panas di ruang antara plafon dengan atap.

Eksterior rumah modern type 60: Atap

Layaknya rumah minimalis pada umumnya, rumah type 60 biasanya mengadopsi atap model pelana untuk mempermudah guyuran air hujan mengalir ke bawah. Atap model pelana yang sederhana sekalipun bisa dipasang sedemikian ruppa sehingga tampilan eksterior rumah modern type 60 tidak lagi monoton atau hambar. Seperti pada contoh di bawah ini, atap model pelana di pasang tiga tingkat untuk sektor kiri, tengah, dan kanan.

Tampilan eksteripr rumah type 60 dengan atap pelana bertingkat

Tampilan eksteripr rumah type 60 dengan atap pelana bertingkat

Plafon dibangun lebih tinggi untuk memberikan sirkulasi udara dan cahaya maksimum pada area privat di bawahnya. Sebaliknya, bagian rumah tambaha yang difungsikan sebagai akses keluar-masuk cadangan dari area carport dibangun dengan plafon yang lebih rendah. Namun, desain rumah minimalis type 60 juga tidak kalah menariknya dengan model atap perisai. Seperti pada gambar di bawah ini, atap perisai digunakan untuk melindungi seluruh bagian rumah, sehingga tampak sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Rumah modern type 60 dengan atap perisai

Rumah modern type 60 dengan atap perisai

Atap model perisai juga memiliki keuntungan tersendiri, yakni perlindungan secara merata pada seluruh dinding rumah, dan melindungi struktur bangunan dari kerusakan dini akibat guyuran air hujan dan panas terik matahari.

Atap sandar pada desain rumah minimalis type 60

Namun, jika menginginkan rumah tinggal dengan tampilan yang lebih artistik, modern, dan berbeda, anda bisa bereksplorasi dengan atap sandar. Atap model ini tidak mesti digunakan untuk bangunan tambahan atau teras saja; bahkan, bangunan utama bisa didesain dengan atap sandar. Misalnya, seperti pada gambar di bawah ini, satu bagian sayap rumah dilindungi dengan atap pelana, sedangkan sayap tengah dan sayap kanan dilindungi oleh atap sandar, sehingga tampilannya lebih unik.

Rumah type 60 dengan kombinasi atap pelana dan sandar

Rumah type 60 dengan kombinasi atap pelana dan sandar

Secara keseluruhan, desain rumah minimalis type 60 jauh lebih fleksibel dibanding rumah minimalis tipe 36 atau 45. Terakhir, usahakan untuk menyisihkan sebagian space untuk taman minimalis nan asri. Hindari juga penggunaan sekat permanen, terutama jika anda memiliki keluarga muda yang kemungkinan akan memerlukan perluasan bangunan di masa mendatang.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , , , , ,