Desain Rumah Tingkat Minimalis Bernuansa Tradisional

Monday, July 14th 2014. | Rumah Minimalis




Memiliki lahan terbatas di komplek pemukiman padat mungkin tidak member anda banyak pilihan. Salah satunya adalah membangun rumah bertingkat. Meski dengan biaya yang terbatas, anda tetap bisa mempersembahkan rumah tinggal yang nyaman ditinggali dan menyediakan ruang aktivitas yang cukup untuk semua anggota keluarga. Desain rumah tingkat minimalis karya Hamilton Snowber Architects di Houzz.com bisa menjadi inspirasi bagi anda.

Tampilan eksterior rumah minimalis tradisional 2 lantai

Tampilan eksterior rumah minimalis tradisional 2 lantai

Dari area eksterior, rumah ini tampak lebih sederhana, karena memang tidak menggunakan struktur yang rumit atau ornament yang berlebihan. Teras depan dihiasi oleh empat tiang berukuran kecil. Eksterior rumah tradisional minimalis ini didominasi oleh jendela berdesain unik, dengan bentuk geometri kotak. Fungsinya adalah untuk memberikan akses masuk udara dan cahaya. Di malam hari, rumah tingkat tradisional minimalis tampak hidup karena bias cahaya lampu dari dalam rumah.

Desain eksterior rumah tradisional minimalis

Layaknya rumah minimalis bernuansa tradisional, rumah dua lantai ini memang didominasi oleh struktur kayu, mulai dari area eksterior hingga area interior, berbeda dengan rumah minimalis modern yang umumnya didominasi oleh struktur beton dan rangka baja. Selain itu, konsep minimalis terpancar jelas dari bentuknya yang sangat sederhana. Warna cat yang digunakan juga tidak terlalu mencolok. Dari  kejauhan, rumah tradisional minimalis ini tampak menyatu dengan lingkungan sekitarnya.

Meski demikian, pemilik berusaha menonjolkan segmentasi antara lantai 1 dan lantai 2 dengan menggunakan warna yang sedikit berbeda, namun masih dari spektrum warna yang sama. Kombinasi antara warna gelap dan cerah membuatnya tampak manis. Hal yang sama juga terlihat pada interior rumah minimalis tradisional ini.

Desain interior rumah minimalis tradisional

Ruang keluarga dengan konsep minimalis yang kentara

Ruang keluarga dengan konsep minimalis yang kentara

Area interior juga didominasi struktur kayu dan bentuk geometri kotak dan vertical. Contohnya adalah pada ruang keluarga ini. Sofa bergaya minimalis dihiasi dengan kursi bermotif kotak dengan warna yang sangat serasi dengan warna perabotan lainnya. Bagian dinding didesain sedemikian rupa dengan mengekspos pola helaian papan secara horizontal. Ornamen dinding berupa lukisan berbentuk kotak atau oval membuat tampilan ruang  interior rumah minimalis tradisional ini tampak seimbang.

Konsep tradisional dan ringkas tampak jelas di kamar tidur, yang dirancang sedemikian rupa untuk menghemat tempat dan memaksimalkan penyimpanan. Tempat tidur yang digunakan berupa cabinet bertingkat; bagian bawah digunakan untuk menyimpan barang-barang, atau bisa juga sebagai meja belajar jika kamar ini digunakan oleh anak-anak.

Kamar tidur tradisional dengan ruang penyimpanan

Kamar tidur tradisional dengan ruang penyimpanan

Sementara itu, bagian atas digunakan sebagai tempat tidur. Untuk memudahkan anak, diletakkan sebuah tangga kayu berdesain sangat minimalis. Kesan tradisional tampak jelas dari penggunaan tangga ini. Namun, tampilan kamar tidur dipermanis dengan penggunaan bedding dengan sentuhan warna kontras. Selain itu, meski berukuran kecil, kamar ini tidak terkesan sempit, karena pencahayaan alami yang optimum dari sebuah jendela yang terletak di sisi tangga.

Desain rumah tingkat minimalis bernuansa tradisional ini semakin ditegaskan dengan pemanfaatan area bawah tangga menuju lantai dua sebagai area santai. Ornament bernuansa pedesaan seperti bunga dan tanduk rusa ditempatkan di sini. Sebuah rak kecil dari kayu yang tampak sudah tua mendukung tampilan tradisionalnya.

Bagian bawah tangga dimanfaatkan sebagai area santai

Bagian bawah tangga dimanfaatkan sebagai area santai

Desain rumah tingkat minimalis : Dapur dan Kamar Mandi

Area dapur tampak sangat apik dengan dominasi cat putih. Tiga buah jendela berukuran besar menegaskan bahwa pemilik rumah menginginkan rumah tinggal dengan desain rumah tingkat minimalis yang ramah lingkungan. Di siang hari, dapur mendapat akses cahaya yang cukup, sehingga penggunaan listrik dapat dikurangi. Karena luasan yang terbatas, hampir semua furniture di dapur dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan, mulai dari countertop hingga rak yang anda dua sisi.

Dapur minimalis dengan pencahayan alami

Dapur minimalis dengan pencahayan alami

Nah, bagaimana dengan kamar mandi? Pemilik rumah tetap mempertahankan konsep minimalis tradisional di area privat yang posisinya berada di bawah tangga menuju lantai 2 ini. Tidak banyak perkakas yang diletakkan di sini, selain cabinet berukuran hijau lembut, wastafel, kaca, dan trash bin. Area kering ini tampak sangat rapi.

Kamar mandir tradisional dengan tampilan ringkas

Kamar mandir tradisional dengan tampilan ringkas

Area basah diletakkan berhadapan dengan wastafel dan rak. Di sini, pemilik mengaplikasikan sedikit sentuhan modern. Hal pertama terlihat pada penggunaan bath tub minimalis dengan desain unik. Layaknya rumah minimalis berdesain modern,  area shower menggunakan partisi kaca untuk menghadirkan kesan lapang di dalam kamar mandi yang berukuran kecil ini. Sekali lagi, akses cahaya alami mendapat perhatian khusus dari pemiliknya.

Paduan elemen modern di bathtub dan shower room

Paduan elemen modern di bathtub dan shower room

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , ,