Desain Taman Minimalis Depan Rumah

Saturday, March 15th 2014. | Taman Rumah Minimalis




Taman memegang peranan yang sangat penting untuk kenyamanan sebuah rumah. Rumah tanpa ada taman akan membuat rumah terlihat gersang, pengap, dan panas. Dengan adanya taman akan semakin mempercantik eksterior rumah serta menambah keasrian dan kenyamanan. Bagaimana dengan rumah yang tidak terlalu luas? Masih adakah lahan untuk mengembangkan taman? Pertanyaan seperti itu seringkali diajukan orang yang mempunyai lahan terbatas untuk membangun rumah.

Sekecil apapun rumah, sebaiknya taman jangan ditinggalkan. Untuk mengatasi masalah lahan yang sempit bisa dikembangkan desain taman minimalis depan rumah. Dalam pembuatannya, sebaiknya desain taman memperhatikan beberapa hal seperti konsep taman yang akan dibangun, vegetasi, dan drainase.

Dekorasi Taman Depan Rumah

desain rumah mungil type 36 1

Konsep taman untuk desain taman minimalis depan rumah dapat dibuat secara sederhana dengan memperhatikan luas lahannya yang tidak terlalu luas. Dengan menggunakan konsep minimalis, taman dapat dibuat dengan menggunakan desain khas minimalis yang memadukan perpaduan garis dan bidang.

Misalnya dengan membuat taman berbentuk kotak dengan tanaman di sekelilingnya sementara di bagian tengah diberi rerumputan dan bebatuan untuk lintasan jalan. Untuk tanaman sebaiknya tidak menggunakan jenis pohon besar karena akan menyita banyak tempat. Sebagai gantinya gunakanlah pot-pot kecil sebagai wadah tanaman hias. Untuk rerumputan dapat digunakan jenis rumput yang perawatannya mudah seperti rumput gajah mini.

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan biaya anggaran yang tersedia. Karena banyak tanaman hias yang menarik dan indah namun harganya juga cukup mahal. Desain taman sebaiknya tidak terlalu banyak aksesoris dan tanaman. Cukup tempatkan tanaman dan aksesoris taman sesuai kebutuhan. Halaman yang terlalu banyak isinya justru akan memberi kesan rimbun dan lebat serta semakin sulit dalam perawatannya.

Desain taman minimalis depan rumah jangan sampai melupakan drainase. Drainase berfungsi sebagai saluran air ketika hujan. Drainase yang buruk dan tidak diatur dapat merusak tanah dan taman karena air yang berlebihan atau banjir. Drainase dapat diatur sedemikian rupa agar air dapat diresapkan dengan mudah ke dalam tanah. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah membuat sumur resapan air atau lubang biopori.

Lubang biopori dan sumur resapan air sangat membantu mempercepat resapan air. Selain itu lubang biopori juga bermanfaat untuk meningkatkan cadangan air tanah.

Content Protection by DMCA.com




tags: