Disain Rumah Minimalis Modern Ramah Lingkungan

Friday, October 10th 2014. | Interior Rumah Minimalis




Gaya hidup modern identik dengan segala sesuatu yang simpel, praktis, dan fungsional. Hal ini juga berlaku dalam mendisain rumah tinggal. Membangun rumah memerlukan rencana yang matang. Dan hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat disain rumah yang memenuhi kebutuhan penghuni rumah. Salah satu disain rumah yang sangat digemari saat ini adalah disain rumah minimalis. Desain ini memungkinkan penghuni untuk memasukkan unsur kepentingan orang-orang yang akan menempati rumah tersebut agar nantinya dapat diciptakan kenyamanan di dalam rumah tinggal.

Rumah minimalis modern ramah lingkungan dengan panel kaca besar

Rumah minimalis modern ramah lingkungan dengan panel kaca besar

Banyak sekali referensi disain minimalis untuk rumah tinggal yang cukup menarik. Namun, tidak semuanya ramah lingkungan. Disain rumah minimalis yang ramah lingkungan saat ini sangat diperlukan untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat, aman, dan nyaman. Selain itu, hal tersebut sangat berguna untuk kelangsungan dan kelestarian lingkungan hidup secara global yang akan menentukan kualitas hidup generasi berikutnya di masa depan. Untuk itu, saat ini adalah waktu yang sangat tepat untuk memulainya, yaitu dengan memperhatikan desain rumah minimalis modern yang lebih ramah lingkungan.

Disain Rumah Minimalis Modern dan Praktis

Model rumah minimalis banyak menjadi pilihan terutama bagi mereka yang menyukai gaya hidup modern karena model tersebut mencerminkan kepraktisan dan keterbukaan. Disain rumah minimalis modern banyak menawarkan efektivitas fungsi-fungsi pada bagian-bagian di dalam ataupun di luar rumah. Hal ini tentu saja berkaitan dengan ketersediaan lahan yang semakin lama semakin berkurang dan mahal. Dengan disain minimalis, seluruh fungsi yang diperlukan dari sebuh hunian dapat diringkas di dalam area yang lebih kecil tanpa mengurangi kenyamanannya.

Furniture multifungsi adalah salah satu ciri khas rumah minimalis ramah lingkungan

Furniture multifungsi adalah salah satu ciri khas rumah minimalis ramah lingkungan

Sebagai contoh adalah penggunaan ruang yang bersifat multifungsi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggabungkan dua atau lebih fungsi ruangan yang berbeda ke dalam satu ruangan. Yang seringkali ditemui adalah penggabungan ruang makan dan dapur. Selain hemat tempat, penggabungan dalam disain rumah minimalis ini juga dapat menghemat waktu dan energi dalam mempersiapkan makanan untuk keluarga karena tidak memerlukan mobilitas sebanyak yang diperlukan jika kedua ruangan tersebut terpisah. Selain contoh penggabungan dapur dan ruang makan, dapat juga dilakukan penggabungan ruang keluarga dan ruang makan, ruang kerja dan kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga, dan lain-lain.

Interior rumah minimalis modern dengan meminimalisir sekat antar ruang

Interior rumah minimalis modern dengan meminimalisir sekat antar ruang

Selain penggabungan fungsi rumah, perabotan serta perkakas yang multifungsi juga menjadi bagian dari disain rumah minimalis modern. Di ruangan dengan luasan yang terbatas, efektivitas perabot dan perkakas sangat diperlukan sehingga dapat memaksimalkan fungsi dari furniture dan perkakas tersebut. Sekarang ini banyak ditemui disain-disain perabot dan  furniture yang memiliki multifungsi. Akan tetapi bila ingin sesuatu yang berbeda dan sesuai dengan tema rumah, maka bisa membuat disain custom sendiri. Misalnya, tempat tidur yang dikombinasikan dengan laci besar di bawahnya, kabinet kamar mandi dengan cermin di bagian pintunya, meja konsul yang dapat diekstensikan menjadi meja makan atau meja kerja, serta masih banyak lagi ide-ide disain multifungsi yang lainnya.

Elemen kayu menciptakan suasana ramah lingkungan di dalam rumah

Elemen kayu menciptakan suasana ramah lingkungan di dalam rumah

Disain Rumah Minimalis Modern Hemat Energi

Selain kepraktisan, yang sangat dibutuhkan saat ini adalah disain rumah minimalis modern yang ramah lingkungan yaitu yang memungkinkan hemat energi. Tentu saja untuk mendapatkannya diperlukan perencanaan yang matang dan mempertimbangkan banyak faktor. Tapi hal tersebut tidaklah sulit dan tidak memerlukan biaya yang tinggi. Disain rumah minimalis modern ramah lingkungan  yang hemat energi bisa didapatkan melalui hal-hal yang simpel.

Ruang makan, dapur, dan ruang keluarga menyatu tanpa sekat dan meminimalisir penggunaan listrik

Ruang makan, dapur, dan ruang keluarga menyatu tanpa sekat dan meminimalisir penggunaan listrik

Cahaya merupakan kebutuhan mendasar di dalam rumah. Kebutuhan akan cahaya saat ini banyak sekali yang terlalu menggantungkan pada energi listrik. Hal ini dikarenakan disain rumah yang terlalu tertutup sehingga ruangan tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup dari luar. Untuk itu, disain rumah minimalis modern yang hemat energi harus memperhatikan ventilasi udara dan cahaya bagi interior ruangan. Penggunaan jendela-jendela yang mempunyai lubang angin dengan ukuran besar tentunya sangat membantu untuk menyediakan cahaya alami bagi ruangan di dalam rumah.

Kaca besar memaksimalkan akses cahaya dan udara serta meminimalkan penggunaan energi listrik

Kaca besar memaksimalkan akses cahaya dan udara serta meminimalkan penggunaan energi listrik

Selain itu, pemilihan material juga sangat penting dalam memperoleh rumah yang ramah lingkungan. Penggunaan material-material yang dapat membantu kestabilan suhu di dalam ruangan dapat mengurangi penggunaan AC. Sebagai contoh, bahan kayu, batu bata, dan batu alam adalah bahan-bahan yang dapat menjaga kestabilan suhu ruangan. Dengan sedikit perencanaan yang lebih matang, disain rumah minimalis modern yang ramah lingkungan bisa didapatkan sehingga dapat membantu kelangsungan lingkungan hidup.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , ,