Ide Desain Taman Belakang Rumah Minimalis Modern

Sunday, July 20th 2014. | Taman Rumah Minimalis




Lahan yang terbatas bukanlah alasan bahwa anda tidak bisa mengalokasikan sedikit lahan untuk menciptakan taman yang cantik di belakang rumah. Desain taman belakang rumah tidak mesti membutuhkan lahan yang luas, karena anda bisa menyiasatinya secara cerdas. Selain itu, taman belakang bukan hanya semata-mata berfungsi secara artistik, namun bisa juga menjadi ruang terbuka hijau di mana anda bisa menikmati udara segar setiap hari.

Taman minimalis dengan memanfaatkan media pot berukuran besar

Taman minimalis dengan memanfaatkan media pot berukuran besar

Ada beberapa prinsip yang perlu anda pertimbangkan untuk membuat desain taman minimalis di belakang rumah. Salah satu, tentunya, adalah ketersediaan lahan. Di lahan terbatas, anda bisa memanfaatkan media pot berukuran besar untuk menanam tanaman hias beserta ornamen penghiasnya. Beberapa pot dengan variasi tanaman hias akan menghadirkan kesan alami di belakang rumah, dan anda bisa memindahkannya jika ingin mengubah suasana taman. Namun, selain lahan, anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek penting lainnya, seperti ketersediaan waktu anda untuk merawatnya serta fungsi yang anda inginkan dari taman tersebut.

Desain taman minimalis yang minim perawatan

Taman minimalis dengan layout khusus untuk mempermudah perawatan

Taman minimalis dengan layout khusus untuk mempermudah perawatan

Jika anda ada tipe pemilik rumah yang jarang memiliki waktu khusus untuk membersihkan taman dan merawat tanaman, maka pemilihan jenis tanaman perlu mendapat perhatian khusus. Anda bisa memilih tanaman tahunan yang bisanya tidak begitu ‘manja’, atau tanaman jenis semak, seperti stroberi, bunga mawar, dan lilak. Selain itu, atur layout taman sedemikian rupa. Tidak ada salahnya anda menutup area taman dengan cor beton atau stepping stones dan menyisakan bagian-bagian tertentu untuk ditanami tanaman hias. Dengan Desain taman minimalis seperti ini, perawatan dan pembersihan akan lebih mudah.

Taman minimalis dengan media kotak untuk tanaman hias

Taman minimalis dengan media kotak untuk tanaman hias

Strategi berikutnya adalah membuat desain taman minimalis dengan menyediakan kotak-kotak yang diatur saling berjajar untuk menanami tanaman hias. Media petak seperti ini memang sedikit beraroma formal, akrena biasa digunakan untuk taman belakang kantor. Namun, tidak ada salahnya anda menerapkannya untuk taman rumah minimalis modern.

Fungsi taman rumah minimalis modern

Di rumah minimalis modern, taman adalah suatu alat untuk meleburkan konsep modern rumah tinggal dengan alam sekitarnya. Taman menyamarkan pembatas antara ruang hunian dengan ruang eksterior. Bahkan, banyak pemilik rumah modern yang dengan sengaja mengalokasikan lahan bagian belakang untuk membangun patio, di mana mereka bisa bersantai dan membaca majalah atau koran sambil menikmati segelas teh hangat.

Taman belakang rumah dengan patio yang nyaman

Taman belakang rumah dengan patio yang nyaman

Taman rumah minimalis modern bisa dipadukan dengan patio, yang terdiri dari kursi santai, meja kecil dan kanopi untuk melindungi pemiliknya dari terik sinar matahari. Hijaunya tanaman berpadu dengan warna-warna yang membangkitkan semangat seperti orange dan material alam seperti kayu dan batu menciptakan suasana yang menenangkan di taman belakang rumah anda.

Taman belakang difungsikan sebagai tempat ‘bersembunyi’

Taman belakang difungsikan sebagai tempat ‘bersembunyi’

Selain menggunakan kanopi, ide lainnya adalah menggunakan tanaman tahunan berukuran agak besar sebagai pelindung. Taman rumah minimalis modern seperti ini biasanya digunakan sebagai ‘persembunyian’ dari bisingnya jalanan ibukota atau kesibukan sehari-hari yang menguras energi dan pikiran. Arena bersantai ini merupakan tempat yang menyenangkan di sore hari.

Area bersantai terletak di ujung taman belakang rumah modern

Area bersantai terletak di ujung taman belakang rumah modern

Desain taman belakang rumah modern sebagai tempat ‘pelarian’ juga terlihat dari penempatan tempat duduk di bagian ujung taman. Taman dengan suasana hijau ini dihiasi oleh tanaman hias berukuran besar yang minim perawatan. Namun, di bagian ujung terdapat arena bersantai, dari mana anda bisa menikmati pemandangan saentero taman dan alam sekitarnya.

Desain Taman Belakang Rumah Dengan Unsur Air

Air menghadirkan suasana tenang dan sejuk. Anda tidak perlu membangun kolam berukuran besar di halaman belakang. Kolam kecil yang dihiasi ikan berwarna-warni akan menjadi pemandangan yang mengasikkan di sore hari. Untuk membuatnya lebih menyatu dengan lingkungan sekitar, gunakan batu-batu alam di sekitarnya dan tempatkan tanaman hias di beberapa tempat, sebagai tempat perlindungan bagi makhluk-makhluk indah berukuran kecil yang ada di dalamnya.

Unsur air menghadirkan kesan sejuk dan tenang di taman belakang

Unsur air menghadirkan kesan sejuk dan tenang di taman belakang

Desain taman belakang rumah yang berukuran kecil sekalipun dapat dibuat semenarik mungkin. Tidak ada salahnya anda mengalokasikan sedikit anggaran untuk jasa perencanaan taman belakang, baik untuk pemilihan tanaman dan penataan ruang taman. Dengan demikian, hasil akhirnya akan sesuai dengan keinginan. Pada intinya, taman belakang rumah adalah penghubung ruang tempat tinggal dengan alam sekitarnya. Rumah minimalis yang gersang akan terlihat semakin ‘minimalis.’

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , ,