Model Tangga Rumah Minimalis Dengan Elemen Baja

Monday, October 6th 2014. | Tangga Rumah Minimalis




Di rumah minimalis dua lantai, penggunaan desain tangga membutuhkan perhatian khusus. Pasalnya, ruangan yang kecil akan terkesan penuh jika diisi dengan tangga yang desainnya ‘boros.’ Oleh sebab itu, tangga rumah minimalis menjadi solusi untuk menghemat ruang di rumah anda. Ada beberapa bahan yang biasa digunakan untuk tangga di rumah minimalis. Di antaranya adalah kayu dan baja. Kayu dipilih karena kesan alami yang dihadirkan di dalam rumah, sementara itu, tangga besi atau baja tampak lebih modern dan modelnya lebih variatif.

Tangga rumah minimalis dengan elemen baja dan kayu

Tangga rumah minimalis dengan elemen baja dan kayu

Model tangga rumah minimalis dari baja

Model tangga rumah minimalis berbahan baja menjadi favorit banyak pemilik rumah maupun pemilik gedung komersil. Tampilannya lebih rapi dan kokoh. Namun, salah satu kelebihan yang mempengaruhi popularitasnya adalah desainnya yang mudah disesuaikan dan hemat tempat. Modelnya jauh lebih variatif dan bisa dipesan sesuai tempat di mana tangga akan diletakkan.

Tangga sirkular dari baja dengan satu tiang penyangga sebagai railing

Tangga sirkular dari baja dengan satu tiang penyangga sebagai railing

Ada beberapa keuntungan lain dari desain tangga rumah minimalis yang keseluruhan bagiannya terbuat dari besi atau baja. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Model fleksibel dan variatif. Tangga rumah minimalis bisa dirancang sesuai permintaan anda sebagai pemilik rumah, baik dari segi bentuk maupun ukuran. Tampilan yang dihasilkan juga bisa disesuaikan, misalnya tampilan yang sederhana, modern, atau bahkan tradisional. Tampilannya bisa dibuat berbentuk lurus atau spiral, tergantung posisinya di dalam rumah.
  • Pemasangan mudah. Karena terbuat dari bahan yang fleksibel, tangga besi sangat mudah dipasang, dan tidak membutuhkan perombakan yang besar pada struktur interior rumah anda. Karena instalasinya mudah, maka biaya yang diperlukan juga lebih murah.
Model tangga radikal yang semua bagiannya terbuat dari besi atau baja

Model tangga radikal yang semua bagiannya terbuat dari besi atau baja

  • Pemeliharaan mudah. Tangga baja disukai karena minim pemeliharaan. Karena tahan terhadap perubahan faktor cuaca dan iklim serta tahan karat, maka tangga baja bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor. Artinya, anda tidak perlu mengalokasikan budget khusus untuk vernish atau pengecatan ulang. Cukup dibersihkan secara rutin, maka tampilannya akan tetap kinclong.
  • Tahan lama. Karena sifatnya yang tahan terhadap faktor cuaca, tangga baja relatif lebihn tahan lama dibandingkan tangga kayu (yang rentan terhadap lembab atau panas).

Desain Tangga Rumah Minimalis dengan Railing Baja

Jika anda merasa jenuh dengan model tangga rumah minimalis yang semuanya terbuat dari besi, maka anda bisa mengkombinasikan dua jenis bahan atau lebih, sehingga tangga tersebut sekaligus berfungsi sebagai elemen dekoratif di dalam ruangan. Hasilnya, anda bisa mendapatkan tangga dengan desain yang unik. Misalnya, anda bisa menggunakan tangga kaca atau kayu, dan memadukannya dengan pegangan atau railing dari baja agar lebih kokoh.

Tangga model radikal menghemat ruang dan sekaligus menjadi elemen dekorasi

Tangga model radikal menghemat ruang dan sekaligus menjadi elemen dekorasi

Railing tetap diperlukan, khususnya jika anda memiliki putra-putri yang masih kecil.  Seperti pada contoh di atas, tangga model radical dari kayu seperti ini akan berbahaya bagi anak kecil jika tidak didukung dengan railing besi. Bentuknya yang minimalis memang cocok diletakkan di sudut atau berdekatan dengan dinding, sehingga tidak mengganggu fungsi ruang di bawahnya. Dalam hal ini, tangga justru menjadi hiasan di ruang minimalis yang minim ornamen.

Tips model tangga rumah minimalis dengan unsur baja

Tangga baja merupakan pilihan yang efektif untuk menghemat ruang di rumah minimalis. Model tangga rumah minimalis yang anda pilih akan menentukan hasil akhir yang dihasilkan di dalam rumah. Untuk kelaurga yang memiliki anak, sebaiknya pilih tangga model radikal. Desainnya yang lurus membuatnya mudah digunakan. Namun, tangga model ini membutuhkan ruang yang relatif lebih luas.

Bagian bawah tangga dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan

Bagian bawah tangga dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan

Seperti pada contoh di atas, tangga model radikal dengan pijakan kayu dan railing baja sangat aman untuk anak-anak. Namun, tangga kayu memiliki desain yang lebih kaku. Oleh sebab itu, bagian bawahnya bisa disiasati agar tidak terbuang percuma. Salah satu ide yang paling lazim digunakan adalah menggunakan bagian bawah tangga rumah minimalis sebagai tempat penyimpanan, bisa untuk rak buku atau rak sepatu. Bahkan, untuk tangga yang relatif besar, bagian bawahnya bisa dimanfaatkan untuk membangun kamar mandi kecil.

Tangga model sirkular atau spiral yang sangat hemat ruang

Tangga model sirkular atau spiral yang sangat hemat ruang

Sebaliknya, desain tangga rumah minimalis berbentuk spiral sangat hemat, dan cocok diletakkan di salah satu sudut ruangan. Karena bentuknya spiral, bagian bawah tangga biasanya tidak bisa dimanfaatkan lagi. Tangga model spiral bisa terbuat dari baja atau besi secara keseluruhan atau hanya railing-nya yang terbuat dari baja.

 

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , ,