Panduan Membangun Rumah Minimalis 1 Lantai dan 2 Lantai

Tuesday, October 14th 2014. | Rumah Minimalis




Rumah merupakan kebutuhan pokok dari sebuah keluarga. Saat ini, banyak sekali fasiitas perbankan yang menawarkan fasilitas kredit perumahan sehingga mempermudah masyarakat untuk memiiki rumah idaman mereka. Dengan meningkatnya bisnis properti bukan hanya di kota-kota besar, di kota-kota kecil pun pengembang perumahan berlomba-lomba merebut hati calon pembeli mereka dengan menawaran berbagai macam desain rumah. Dan yang paling banyak diminati adalah desain rumah minimalis 1 lantai dan 2 lantai.

Rumah minimalis 1 lantai untuk keluarga sederhana

Rumah minimalis 1 lantai untuk keluarga sederhana

Rumah minimalis sangat fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran biaya dari pemiliknya. Dengan desain terbatas, tidaklah sullit untuk membuat rumah minimalis, bahkan dengan hasil yang cukup memuaskan dan tidak terlihat murahan. Apalai jika dana yang disiapkan cukup besar, pastilah hasilnya akan jauh lebih mewah dan berkelas. Berbagai jenis desain rumah minimalis dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari luas tanah, lokasi perumahan, desain ruah, kualitas bangunan, dan luas bangunan.

Luas bangunan memiliki peran yang sangat penting dalam mempertimbangkan pemilihan rumah karena berhubungan dengan terakomodasinya seluruh anggota keluarga di dalam rumah. Rumah minimalis 1 lantai dan 2 lantaidapat menjadi pilihan bagi kelluarga dengan jumlah keci sampai sedang.

Mendesain Rumah Minimalis 1 Lantai

Saat ini harga properti semakin mahal, apalagi di daerah perkotaan. Untuk itu, sangatlah penting untuk mempertimbangkan kebutuhan jangka panjang dalam mendesain rumah sehingga nantinya tidak akan membuang terlalu banyak biaya. Bagi pasangan muda yang baru menikah, rumah minimalis 1 lantai rasanya cukup untuk menjadi tempat tinggal yang memadai dan nyaman. Bagi keluarga kecil terutama pasangan muda, rumah yang tidak terlalu besar sepertinya lebih cocok bagi kebutuhan mereka sehingga tidak merepotkan dalam mengurus dan merawat di sela-sela kesibukan sehari-hari mereka. Tipe rumah 1 lantai yang sering dijumpai adalah yang bertipe 36 dan 45.

rumah minimalis 1 lantai di lahan terbatas

rumah minimalis 1 lantai di lahan terbatas

Desain rumah minimalis 1 lantai dapat memasukkan 1 atau 2 kamar di dalamnya sesuai dengan luas tanah. Ruangan-ruangan yang vital sebaiknya didesain dengan perencanaan yang matang sehingga dapat mmemberikan kenyamanan bagi penghuninya. Pada umumnya ruang-ruang vital tersebut adalah ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, dapur, dan garasi. Ruang keluarga dapat dijadikan satu dengan ruang tamu jika luas tanah yang ada terbatas. Penggabungan juga bisa dilakukan pada ruang makan dan dapur.

Jika luas tanah sempit, maka sebaiknya hilangkan sekat-sekat sehingga atmosfer di dalam rumah lebih lluas dan lega. Sebagai ppembatas antar ruang bisa cukup menggunakan meja konsul atau rak partisi atau bahkan tanpa pembatas pun desain interior rumah bisa terlihat cukup menawan. Sebagai persiapan pengembangan rumah minimallis 1 lantai di masa depan, sebaiknya struktur fondasi bangunan rumah dibuat kuat dan sesuai standar untuk pembangunan rumah 2 lantai.

Mendesain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain rumah minimalis 2 lantai sesuai untuk keluarga yang telah memiliki anak-anak, terutama yang beranjak remaja. Selain itu, desain rumah 2 lantai adalah solusi bagi mereka yang membutuhkan ruangan di dalm rumah yang lebih luas namun tidak dapat memperlebar luas taanah mereka dikarenakan dana yang terlalu besar atau tidak tersedianya lahan untuk perluasan.

rumah minimalis 2 lantai di lahan terbatas

rumah minimalis 2 lantai di lahan terbatas

Pembagian rumah dengan 2 lantai dapat dibagi menjadi 2 area yang berbeda, yaitu area publik di lantai 1 dan area privat di lantai 2. Area public di lantai bawah dapat digunakan sebagai ruang tamu, ruang makan, garasi, dapur, dan taman. Sedangkan ruang privat di lantai atas dapat digunakan sebagai kamar tidur, ruang keluarga, dan ruang  baca. Desain rumah minimalis 2 lantai juga sebaiknya memperhatikan faktor keamanan terutama jika ada anak kecil di dalam rumah.

Jika kamar anak kecil diletakkan di lantai 2, harus ada pengaman teralis, pagar, dan sejenisnya yang digunakan sebagai pembatas pada tangga, teras lantai atas, dan jendela. Peletakan tangga juga perlu mempertimbangkan kenyamanan sehinggga cukup landai namun tidak memakan terlalu banyak tempat.

Desain rumah minimalis 1 lantai dan 2 lantai cukup memadai bagi mereka yang mempunyai keluarga kecil dan sedang, terutama untuk area lahan yang terbatas dan tidak memungkinkan untuk diperluas.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , , , , , ,