Rumah Bali Minimalis dan Aspek Penting Dalam Pemilihannya

Monday, October 27th 2014. | Rumah Minimalis




Hari ini, dengan berkembangnya dunia design dan arsitektur yang semakin pesat, khususnya di Indonesia, masyarakat semakin disuguhkan dengan begitu banyak pilihan ketika mereka ingin membangun rumah idaman. Mulai dari model arsitektur modern, country, klasik, neo klasik, barok, gotik sampai minimalis, masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri. Dan belakangan ini, yang paling menjadi pilihan terfavorit masyarakat adalah rumah dengan model  minimalis, tidak terkecuali rumah Bali minamalis.

Rumah Bali Minimalis dengan Atap pelana mirip piramida

Rumah Bali Minimalis dengan Atap pelana mirip piramida

Mungkin alasan yang paling sering kita dengar adalah bahwa arsitektur dengan gaya tersebut terkesan lebih simple, natural, unik, namun tetap terlihat mewah dan elegan. Bahkan, di beberapa negara seperti  Australia, model rumah Bali modern dengan gaya minimalis sudah menjadi tren.

Ciri khas rumah Bali modern

Ciri khas yang paling mencolok dari arsitektur rumah Bali minimalis terlihat dari atapnya yang berbentuk limas. Model atap yang demikian mampu memberi kesan tradisional khas etnikHindu yang unik meskipun diatas tubuh bangunan yang mewah dan kokoh dengan nuansa modern. Selain terpancar dari atapnya, biasanya model rumah minimalis Bali ini memiliki ciri lainya, yaitu adanya patung-patung atau batu bata ekspose yang menghiasi sekeliling halaman luar rumah dan bahkan juga di dalam ruangan. Hal- hal semacam itulah yang membuat rumah semakin kental dengan budaya Hindu Bali yang sangat menarik.

Rumah Bali modern umumnya memiliki landscape yang luas untuk taman

Rumah Bali modern umumnya memiliki landscape yang luas untuk taman

Sebelum rumah dibangun, tentu saja anda sebagai calon pemilik harus sudah mempunyai gambaran tentang tata letak dan ukuran rumah. Jika anda memilih model arsitektur bergaya Bali, pastikan anda menyisakan lahan paling tidak untuk halaman rumah bagian depan. Tidak harus luas, yang terpenting cukup untuk anda bisa menghiasinya dengan tanaman bunga, tumbuh- tumbuhan dan juga patung- patung atau batu hias, guna untuk memperkuat tema rumah anda.

Pemilihan relief pada rumah Bali modern

Relief menjadi komponen yang sangat penting dalam desain rumah Bali minimalis. Relief ini nantinya yang akan mempertegas tema rumah pilihan anda.  Untuk tiang depan rumah dan juga dinding luar, anda bisa melapisinya dengan jenis batu andesit polos, atau juga bisa dengan batu candi. Namun agar tidak terkesan membosankan, anda boleh menambahkan relief-relief kayu sebagai variasi. Pada halaman depan, selain ditanami rumput sintetis anda juga bisa memadukannya dengan batu koral hitam yang di susun rapi namun tidak terlalu rapat. Ini akan memberi kesan alami dan kokoh ketika kita berjalan di sekitar halaman.

Relief rumah Bali minimalis di area eksterior

Relief rumah Bali minimalis di area eksterior

Dibagian dalam rumah, anda bisa mengaplikasikan beberapa relief patung pahatan yang di taruh di beberapa sudut rumah untuk mempercantik suasana. Batu andesit yang digunakan untuk melapisi tiang dan dinding depan rumah tadi, juga bisa digunakan sebagai lantai kamar mandidan batu Sukabumi sebagai pelapis dindingnya.

Mengenai relief patung atau pahatan, mungkin jika tidak begitu menyukai ada patung di dalam rumah, anda bisa menggantinya dengan hiasan pendukung lain seperti pahatan kaligrafi misalnya. Ini akan menjadi lebih menarik, anda bisa meletakkannya di ruang tamu, ruang keluarga atau bahkan didalam kamar sebagai pengganti lukisan sebagai hiasan ruangan.

Patung bernuansa Hindu Bali dapat menjadi dekorasi di eksterior

Patung bernuansa Hindu Bali dapat menjadi dekorasi di eksterior

Model rumah minimalis Bali akan lebih serasi dengan warna-warna alam. Dan yang harus diingat adalah, disini kita ingin menonjolkan seni khas budaya Bali, jadi relief-relief yang telah anda terapkan tadi harus lebih berkesan dan jangan sampai terdominasi dengan warna yang tidak cocok, maka warna harus disesuaikan dengan relief tersebut. Misalkan saja warna perpaduan putih dan coklat, abu-abu, krem,  hitam dan warna- warna yang tidak norak dan mencolok lainnya.

Desain interior Rumah Bali Minimalis

Ruangan yang nantinya akan menjadi tempat anda berkatifitas dan berkumpul bersama keluarga sehari- hari sangat perlu diperhatikan. Jika anda memiliki anak kecil dirumah sebaiknya jangan terlalu menghiasi ruangan dengan barang-barang interior yang gampang pecah atau hancur jika jatuh, karena berbahaya bagi sianak. Misalnya, cukup taruh ukiran kaligrafi di dinding yang digantung cukup tinggi agar tidak terjangkau oleh mereka. Sebaiknya pilih furniture berbahan kayu keras, untuk menekankan tampilan natural.

Relief merupakan bagian penting dari interior rumah bali Minimalis

Relief merupakan bagian penting dari interior rumah bali Minimalis

Usahakan penerapan interior disesuaikan dengan tema gaya arsitektur rumah Bali modern yang telah anda pilih, mulai dari dinding, prabotan, kolom hingga atap.Hunian yang ideal adalah yang membuat kita nyaman dan merasa senang menempatinya. Rumah Bali minimalis akan membuat anda nyaman, karena kesan etnis yang dipancarkan dan nuansa alami yang didapat, baik di dalam maupun di luar rumah.

Interior rumah bali minimalis didominasi unsur kayu dan dekor bernuansa budaya Bali

Interior rumah bali minimalis didominasi unsur kayu dan dekor bernuansa budaya Bali

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , , , , , ,