Rumah Cantik Minimalis sebagai Hunian Keluarga Besar

Tuesday, November 4th 2014. | Rumah Minimalis




Rumah minimalis biasanya menjadi pilihan hunian bagi keluarga kecil atau mereka yang baru mulai membangun keluarga, di mana rumah minimalis berukuran kecil biasanya menjadi pilihan pembelian yang masuk akal. Akan tetapi, rumah cantik minimalis tidak selalu harus mungil dan memiliki ruang terbatas, baik ruang di luar maupun di dalam rumah. Bagaimana jika Anda berencana memiliki lebih dari satu orang anak? Bagaimana jika ada anggota keluarga lain yang akan tinggal bersama Anda sekeluarga?

Rumah Cantik Minimalis untuk Keluarga Besar

Rumah Cantik Minimalis untuk Keluarga Besar

Jika Anda merencanakan hal-hal tersebut, ada baiknya mempertimbangkan hunian yang lebih cocok untuk keluarga berjumlah besar. Dengan desain cantik dan modern, hunian minimalis akan nampak indah dan cocok sebagai hunian keluarga termasuk keluarga besar.

Rumah Cantik Minimalis: Ukuran dan Fungsi

Apapun desain yang Anda pilih untuk rumah cantik minimalis Anda, pastikan rumah tersebut memenuhi dua persyaratan: fungsi dan ukuran yang cocok untuk kebutuhan keluarga. Anggaran yang besar bahkan tidak terbatas bukan satu-satunya syarat untuk membangun rumah yang nyaman bagi keluarga, karena setiap pemilik rumah memiliki pertimbangan tersendiri dalam membangun hunian. Misalnya, ada yang menyukai rumah yang ukurannya luas dan memiliki dua lantai, sementara ada juga yang lebih menyukai rumah yang hanya satu lantai atau tidak terlalu luas, namun lapang.

Rumah model memanjang dengan taman luas untuk keluarga besar

Rumah model memanjang dengan taman luas untuk keluarga besar

Anda mungkin memiliki pertimbangan lain untuk membangun rumah minimalis cantik yang sesuai dengan kebutuhan dan selera seluruh keluarga. Misalnya, rumah minimalis Anda harus memiliki fasilitas tertentu seperti pekarangan luas untuk bermain atau hewan peliharaan, ruang makan tambahan atau teras semi terbuka untuk berbagai aktifitas sosial, kolam renang, perpustakaan pribadi dan sebagainya. Atau, Anda mungkin ingin membangun hunian yang ramah lingkungan dan memiliki elemen desain hijau.

Untuk ukurannya, rumah keluarga minimalis tidak perlu terlalu kecil atau besar. Rumah minimalis justru menguntungkan karena bisa dimodifikasi, direnovasi dan dirancang sesuai ukuran lahan atau kebutuhan akan ukuran rumah tertentu. Jika Anda hanya punya lahan sempit atau tak ingin punya rumah yang merepotkan untuk diurus, desain minimalis akan membuat rumah Anda lebih lapang. Sebaliknya, jika Anda memiliki banyak aktifitas dalam ruangan atau memiliki keluarga besar, rumah minimalis berukuran besar adalah salah satu pilihan hunian kontemporer. Rumah besar bisa menjadi pilihan walau jumlah keluarga Anda kecil, terutama jika Anda berencana membuka kantor di rumah atau sering harus mengadakan acara dan menjamu tamu.

Rumah minimalis model split untuk multi-family

Rumah minimalis model split untuk multi-family

Rumah Minimalis Cantik: Ragam Pilihan Desain

Setelah Anda menentukan spesifikasi ukuran dan fungsi rumah Anda, desain juga harus diperhatikan. Rumah minimalis cantik Anda bisa mengikuti tren gaya kontemporer, yang berpatokan pada permainan garis dan bentuk-bentuk geometris yang ‘bersih,’ bentuk-bentuk tidak simetris seperti pada atap dan panel jendela, atau pembagian ruang yang mementingkan suasana lapang. Atau, Anda bisa menggunakan elemen klasik dalam rumah minimalis Anda, misalnya dengan ornamen bercorak bunga, bata ekspose, tiang bergaya antik, ornamen tembaga, lampu model Tiffany, dan sebagainya. Rumah minimalis cantik bisa dibangun dengan berbagai gaya sesuai selera, namun elemen desain minimalis tetap tidak berubah.

Rumah minimalis cantik dengan pagar antik

Rumah minimalis cantik dengan pagar antik

Sebagai contoh, rumah minimalis identik dengan pembagian ruang yang tidak terlalu kaku sehingga nampak lapang (misalnya menggunakan sekat temporer bukannya tembok, atau malah tidak bersekat sama sekali), jendela besar, ruangan semi terbuka, unsur desain yang tidak terlalu banyak detail dan ukiran, dan sebagainya. Elemen ini kemudian bisa diterapkan dalam rumah keluarga dengan gaya seperti apapun, baik rumah kecil maupun besar, sehingga terasa lega dan lapang.

Rumah Keluarga Minimalis untuk Hunian Serba Guna

Rumah keluarga minimalis yang ideal sebaiknya mementingkan unsur fungsi dan kebutuhan, terutama jika anggaran pembangunan rumah Anda terbatas. Baik rumah kecil maupun besar, Anda sebaiknya menyesuaikan antara ukuran rumah dengan kebutuhan. Selain itu, desain minimalis cocok untuk rumah keluarga, terutama karena elemennya tidak terlalu banyak, suasananya tidak terlalu sesak, dan lebih mudah mendekorasi atau mengurusnya.

Rumah Minimalis Cantik bergaya kontemporer untuk keluarga besar

Rumah Minimalis Cantik bergaya kontemporer untuk keluarga besar

Rumah cantik minimalis untuk hunian keluarga adalah salah satu pilihan hunian modern sekaligus praktis yang mudah disesuaikan dengan selera dan kebutuhan, seperti apapun kebutuhan keluarga yang akan menghuninya.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , ,