Rumah Klasik Minimalis: Paduan Apik untuk Hunian Modern

Tuesday, October 21st 2014. | Rumah Minimalis




Kita biasanya menganggap bahwa desain klasik dan modern minimalis itu susah digabungkan, namun rumah klasik minimalis kini banyak dipilih dan diadopsi oleh pemilik rumah modern, termasuk rumah bergaya minimalis modern yang biasanya tidak memiliki terlalu banyak detail. Gaya ini menjadi solusi bagi Anda yang menyukai bentuk elegan dan akrab dari desain klasik, namun dengan unsur modern untuk membuatnya tidak terlalu sesak (karena detail yang berlebihan) serta nampak kuno.

Rumah klasik minimalis tampak lebih apik dan minim ornamen

Rumah klasik minimalis tampak lebih apik dan minim ornamen

Unsur-unsur klasik dalam bangunan modern bisa ditunjukkan dari garis desain, pemilihan perabot, pilihan warna, detail seperti pilar, tirai, linen dan bingkai jendela, dan sebagainya. Ingin membuat rumah nampak cantik dengan desain gabungan seperti ini? Simak dulu beberapa kuncinya agar rencana desain Anda serasi dan indah.

Desain Rumah Klasik Minimalis: Sederhana dan Hangat

Jika harus membayangkan rumah berdesain klasik, pasti gambaran yang segera muncul adalah rumah dengan berbagai ornamen, garis-garis desain yang banyak lengkungannya, linen berenda, pola kertas dinding penuh bunga atau desain klasik lainnya, dan meja kursi kayu mewah dengan ukiran padat serta bantalan kulit berkesan antik. Jika selera Anda lebih ke desain modern, desain ini akan dianggap kuno.

Paduan unsur klasik dan modern di interior rumah minimalis

Paduan unsur klasik dan modern di interior rumah minimalis

Kini, rumah minimalis klasik sudah tersedia sebagai sarana untuk menyatukan yang klasik dan modern. Rumah modern yang diberi unsur desain klasik bukan hanya nampak lega dan tidak terlalu sesak, namun juga berkesan hangat. Hal ini karena detail-detail yang tidak perlu dalam desain rumah dihilangkan, namun elemen-elemen khas desain klasik tetap dipertahankan. Misalnya, dalam berbagai desain rumah klasik minimalis, Anda bisa menemukan perabot kayu antik namun dengan garis desain yang lebih bersih, mulus dan tidak perlu banyak detail. Atau, Anda mungkin menemukan perabot yang cocok dengan suasana rumah modern.

Rumah minimalis klasik bergaya etnis

Rumah minimalis klasik bergaya etnis

Contoh perabot yang cocok untuk rumah klasik minimalis adalah perabot kayu berwarna gelap seperti jati, namun dengan detail yang lebih sederhana (tidak terlalu banyak ukiran). Misalnya: kursi dengan bantalan berwarna polos (merah, putih atau disesuaikan dengan warna dominan dekorasi), sofa kulit polos dengan bantal sofa berukir, kap lampu model klasik namun polos, dan sebagainya. Bata ekspose sebagai aksen juga bisa memberi kesan klasik di rumah.

Rumah Minimalis Klasik dan Sentuhan Etnis

Jika Anda memiliki rumah bergaya etnis, misalnya rumah minimalis klasik ala Betawi atau Joglo, Anda bisa membuat dekorasi bergaya klasik minimalis di bagian dalam rumah untuk menyeimbangkan penampilannya. Misalnya, untuk perabotan, jangan terlalu terpaku pada perabotan tradisional. Anda bisa menggabungkan lemari antik Anda dengan sofa-sofa kulit atau kursi rotan, meja yang terbuat dari kayu daur ulang (refurbished wood), bingkai jendela dari kayu berwarna gelap dan tirai serta bantal sofa dengan motif kontemporer. Dengan menyeimbangkan antara yang klasik dan praktis modern, Anda bisa membuat rumah tetap terasa nyaman, namun masih dengan kesan klasik yang anggun.

Dapur rumah klasik minimalis dengan diminasi furniture kayu

Dapur rumah klasik minimalis dengan diminasi furniture kayu

Hal ini juga bisa diterapkan pada dapur dan ruang makan; Anda bisa menggunakan kabinet dari kayu yang hanya dipernis (tidak dicat), rak rempah bergaya tradisional dan perabot ruang makan dari kayu atau rotan. Akan tetapi, Anda bisa menambahkan meja kerja di dapur untuk pekerjaan yang melibatkan makanan yang tidak basah (dry kitchen) yang bisa berfungsi ganda sebagai bar atau tempat menjamu tamu dalam suasana kasual. Ini merupakan tambahan yang khas dapur modern, di mana aktifitas keluarga seperti makan dan bercengkerama juga biasanya bisa dilakukan di sini, sebagai tambahan ruang keluarga.

Desain interior rumah bergaya modern klasik

Desain interior rumah bergaya modern klasik

Kunci Desain Rumah Minimalis

Dalam dunia desain rumah minimalis, kuncinya adalah keseimbangan, terutama jika rumah Anda kecil. Jika terlalu banyak ornamen, rumah akan terasa sesak; jika terlalu sedikit ornamen, rumah terasa terlalu kosong. Ada baiknya Anda membuat proporsi seimbang antara penggunaan ornamen dan ruang kosong. Misalnya, membiarkan dinding polos dan ruangan dipenuhi warna-warna netral, tetapi menyisakan satu area di dinding tersebut untuk menaruh foto-foto dengan bingkai sederhana.

Aplikasi bata ekspose menghadirkan nuansa klasik di eksterior rumah

Aplikasi bata ekspose menghadirkan nuansa klasik di eksterior rumah

Atau, Anda bisa juga menggunakan kursi dari kayu dan rotan sederhana, namun dengan bantalan kursi dan bantal sofa bercorak. Rumah klasik minimalis adalah pilihan tepat untuk penggemar kedua gaya yang berlawanan ini.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , , , , ,