Rumah Minimalis Type 45: Desain Minimalis Gaya Asia

Thursday, September 25th 2014. | Rumah Minimalis




Desain rumah bergaya Asia biasanya identik dengan banyak warna dan detail, namun gaya Asia ternyata bisa diterapkan pada rumah minimalis, misalnya rumah minimalis type 45. Baik rumah satu lantai maupun dua lantai, rumah type 45 merupakan hunian yang tepat untuk bereksperimen gaya Asia sambil menerapkan konsep minimalis, karena Anda memiliki banyak ruang untuk berkreasi. Hasilnya adalah perpaduan apik antara keunikan gaya minimalis arsitektur modern dengan detail dan warna-warni desain khas Asia, baik itu Jepang, Cina maupun India.

Rumah minimalis type 45 ala India dnegan Front Elevation

Rumah minimalis type 45 ala India dnegan Front Elevation

Ciri khas rumah minimalis type 45 ala Asia

Rumah bergaya India, Cina dan Jepang dapat dicerminkan dari desain luar dan dalam, atau hanya diterapkan pada desain dalam sementara desain luarnya tetap seperti rumah modern biasa (misalnya jika Anda tinggal di komplek perumahan). Akan tetapi, desain luar model rumah minimalis type 45 bisa ditambahi detil-detil desain dan ornamen yang mencerminkan desain bergaya Asia.

Ciri khas rumah tradisional Asia adalah penggunaan warna dan detail yang sangat rinci, terutama untuk bangunan dengan pengaruh India dan Cina. Akan tetapi, jika Anda ingin menonjolkan kesan modern dari rumah type 45 minimalis, Anda bisa menerapkan unsur-unsur desainnya saja pada permukaan atau material yang sederhana, namun memiliki unsur dari desain khas Asia tersebut. Anda mungkin menerapkan konsep ruang terbuka ala rumah Jepang, atau warna-warna cerah ala desain Cina, dan permainan tekstur ala India. Anda juga bisa memadukan perabot kontemporer yang lebih tidak memakan tempat dengan ornamen ala Asia sesuai selera.

Warna merah merupakan ciri khas rumah ala Cina atau India

Warna merah merupakan ciri khas rumah ala Cina atau India

Desain Rumah Minimalis Type 45 ala Asia: Interior

Berikut beberapa contoh penerapan desain ala Asia pada desain rumah minimalis type 45:

  • Kurangi atau hilangkan sekat-sekat permanen dalam rumah; ganti dengan sekat yang tak permanen atau ringan seperti partisi kayu atau pintu kertas ala Jepang. Ini memberi kesan mirip rumah Jepang yang lapang dan luas. Untuk rumah type 45, ini memberi kesan akrab dan lebih ‘welcome,’ dan juga memudahkan untuk melakukan berbagai fungsi sosial.
Partisi pintu kertas di interior rumah minimalis ala Jepang

Partisi pintu kertas di interior rumah minimalis ala Jepang

  • Bermain dengan warna-warna merah di dalam rumah, di mana merah adalah warna yang bagus dan melambangkan kebahagiaan dalam budaya Cina dan India. Walau desain Anda minimalis, penggunaan berbagai warna merah akan membuat desain rumah menjadi lebih hidup dan semarak. Warna lain yang bisa dipertimbangkan adalah warna hijau atau biru, ungu dan jingga. Pilihan warna cerah bisa menjadi cara membuat rumah minimalis menjadi menonjol.
  • Menggunakan elemen kayu, rotan dan bambu di dalam rumah, misalnya untuk kursi, meja, bingkai, rak atau lemari. Sama seperti rumah ala Jepang, Bali atau Korea, ornamen bambu, rotan dan kayu akan membuat desain minimalis menjadi lebih menonjol walau jumlah perabot tidak terlalu banyak.
Nuansa oriental di rumah minimalis ala Korea

Nuansa oriental di rumah minimalis ala Korea

  • Menggunakan ornamen ala Asia dalam desain rumah minimalis type 45, misalnya lukisan Jepang, lampu model lentera, pintu geser atau karpet anyaman untuk memberi sentuhan unik dalam desain yang berkesan sederhana.
  • Menggunakan meja rendah dengan bantal duduk atau alas duduk bersandaran; meja seperti ini bisa diletakkan di tengah-tengah rumah dan memberi kesan ala rumah tradisional Jepang atau Korea. Lantai di ruangan tempat meja ini bisa direndahkan sehingga Anda tidak perlu memasang sekat ruangan atau membangun dinding pemisah.
Meja rendah dengan bantal duduk merupakan ciri khas interior ala Jepang atau Korea

Meja rendah dengan bantal duduk merupakan ciri khas interior ala Jepang atau Korea

Dengan desain yang tepat, rumah minimalis type 45 akan menunjukkan karakteristik Asia yang kuat walau sederhana.

Model rumah minimalis type 45 ala Asia: Eksterior

Ada banyak cara memberikan kesan khas desain Asia pada eksterior rumah modern. Menggunakan pintu geser French door untuk pintu samping atau pintu kamar mandi, membangun teras luas dengan meja-meja dan kursi kayu plus lampu gantung seperti rumah ala Jawa, atau memajang perabot bambu dan rotan plus bantal-bantal besar warna-warni ala India bisa cukup memberi suasana yang pas untuk rumah minimalis type 45 Anda, tanpa harus secara drastis mengubah tampilan desainnya.

Eksterior rumah minimalis oriental

Eksterior rumah minimalis oriental

Rumah type 45 minimalis gaya Asia merupakan desain populer untuk berbagai jenis rumah; jika Anda penggemar gaya modern, pastikan desainnya tidak terlalu banyak melibatkan ornamen, dan kalau bisa, gunakan versi kontemporer dari bentuk-bentuk ornamen dan perabot ala Asia untuk rumah minimalist type 45 yang mungkin sederhana.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , , , ,