Warna Rumah Minimalis Modern dengan Nuansa Pastel

Sunday, August 31st 2014. | Rumah Minimalis




Memiliki rumah minimalis memerlukan banyak perencanaan agar rumah nampak indah dan tidak membosankan walau tak begitu banyak detail. Warna rumah minimalis sebaiknya tidak hanya didominasi warna standar seperti putih, abu-abu dan krem, namun jika selera Anda lebih bervariasi, Anda bisa memilih warna pastel. Pilihan warna bernuansa lembut seperti pink, hijau, biru dan jingga dalam nuansa pastel akan membuat rumah minimalis Anda nampak sangat menarik, namun tidak terlalu berani dan menyolok jika Anda bukan penyuka warna berani.

Warna rumah minimalis dengan nuansa pastel

Warna rumah minimalis dengan nuansa pastel

Warna pastel untuk rumah memberi kesan modern dan anggun, dan pilihan serta paduan warna yang tepat akan mencegah rumah Anda nampak kekanak-kanakan. Bahkan, warna pastel kini menjadi salah satu tren dalam pembangunan rumah modern.

Warna Pastel untuk Rumah: Lembut dan Mudah Dipadukan

Rumah minimalis biasanya tidak memiliki banyak detail, dan banyak yang ukurannya cukup kecil. Warna pastel untuk rumah seperti ini bisa memberi kesan lebih lega namun tetap menyenangkan untuk dilihat. Banyak orang menerapkan warna pastel sebagai warna rumah minimalis di bagian dalam (interior), walau saat ini makin banyak yang menerapkannya juga di luar rumah. Jika dulu warna pastel kerap diaplikasikan pada kamar anak, kini warna pastel sudah terlihat banyak menghiasai desain interior berbagai rumah modern, dan bahkan menghiasi eksterior.

Warna pastel dengan nuansa yang lembut di kamar tidur

Warna pastel dengan nuansa yang lembut di kamar tidur

Salah satu alasan mengapa warna pastel rumah minimalis digemari adalah kemampuannya untuk dipadukan dengan berbagai warna dan tekstur bahan perabot, lantai serta ornamen rumah. Karena nuansa warnanya lembut, warna pastel mudah dijadikan warna dasar/dominan dan dipadukan dengan aksen berbeda dari perabot, pintu, jendela, tiang, ornamen dan lantai. Anda pun jadi lebih dimudahkan jika ingin mendekor ulang rumah atau membeli perabot baru.

Tips Kombinasi Warna Pastel Rumah Minimalis

Warna pastel seperti biru lembut, krem atau warna persik dapat dijadikan warna tembok luar, sementara warna-warna seperti pink dan ungu lembut mungkin lebih cocok sebagai interior. Jika Anda sudah memilih warna pastel ini sebagai warna dominan, Anda bisa memadukannya dengan rincian desain yang memiliki warna lebih tajam, gelap atau tekstur lebih kaya. Sebagai contoh, jika warna rumah minimalis Anda di bagian luar adalah hijau limau atau krem lembut, Anda bisa memadukannya dengan perabot teras dan bingkai jendela berwarna cokelat tua, dan bahkan memasang pintu berwarna jingga atau malah hitam.

Kombinasi Warna Pastel Rumah Minimalis 2 lantai dengan nuansa hijau yang menenangkan

Kombinasi Warna Pastel Rumah Minimalis 2 lantai dengan nuansa hijau yang menenangkan

Untuk bagian dalam (interior), Anda bisa bereksperimen dengan lebih banyak kombinasi warna. Misalnya, jika Anda menggunakan warna pink lembut sebagai warna pastel untuk rumah, gunakan warna tersebut sebagai dinding dan warna corak bantalan kursi atau taplak meja, lalu gunakan paduan warna merah, putih dan coklat kayu sebagai paduan ornamen dan perabot. Atau, pasangkan warna ungu lembut dengan hitam, merah tua, lembayung dan coklat tua.

Jika ingin kesan yang lebih dewasa dan simpel, manfaatkan warna-warna seperti hijau lembut atau kuning dan gabungkan dengan putih serta abu-abu. Kekontrasan yang tak terlalu menyolok akan membuat warna rumah minimalis menjadi lebih cerah, dan akan memberi kesan lega jika rumah tersebut tak terlalu besar. Gunakan warna cerah menyolok hanya sebagai aksen, misalnya lukisan, karpet hijau tua atau lampu gantung dengan kap merah.

Kombinasi Tabrak Warna Pastel bernuansa sitrus di ruang keluarga

Kombinasi Tabrak Warna Pastel bernuansa sitrus di ruang keluarga

Kombinasi Tabrak Warna Pastel untuk Rumah

Tabrak warna adalah tren terbaru dalam merancang rumah, jadi Anda bisa menggabungkan beberapa warna kontras sekaligus dalam memilih cat atau warna perabot dan ornamen rumah. Akan tetapi, jika ingin tabrak warna, sebaiknya ada elemen yang bisa menyatukan semua warna tersebut. Misalnya, Anda bisa menyatukan warna jingga muda, kuning dan hijau lembut karena ketiganya adalah warna ‘citrus’ alias warna khas buah-buah jeruk. Atau, Anda bisa menggabungkan dua warna dominan seperti biru muda dan merah, dan menambahkan putih sebagai elemen ‘pemotong’ yang menyeimbangkan keduanya.

Interior rumah minimalis dengan nuansa pastel

Interior rumah minimalis dengan nuansa pastel

Lepas dari itu, tabrak warna pastel untuk rumah merupakan salah satu ide menarik yang bisa Anda terapkan untuk warna rumah minimalis; dengan kombinasi warna pastel, rumah minimalis modern akan nampak menarik walau rumah Anda tidak begitu besar.

Content Protection by DMCA.com




tags: , , , , ,